Mitos Fitness Yang Wajib Anda Tidak Percayai Mulai Sekarang

Mitos Fitness Yang Wajib Anda Tidak Percayai Mulai Sekarang

   Terdapat beberapa mitos fitness yang sampai saat ini masih dipercayai oleh beberapa orang, padahal mitos ini tidak sedikit yang salah sehingga akan memberikan pengaruh terhadap hasilnya. Fitness sendiri merupakan salah satu cara untuk berolahraga tanpa harus di luar ruangan, biasa di tempat fitness disediakan beberapa alat bantu untuk berolahraga. Selain untuk menurunkan berat badan, tidak jarang orang pergi ke fitness untuk mendapatkan badan yang cantik. Sebab bagi sebagian orang tubuh yang kurus tidak cukup, apalagi saat ini terdapat tren berupa tubuh yang berbentuk. Karena itu tidak sedikit orang berbondong-bondong pergi ke tempat fitness, namun tidak sedikit pemula yang masih bingung dalam menggunakan alat fitness. Ditambah lagi terdapat beberapa mitos mengenai fitness yang dapat menipu Anda.

1. Lama waktu melakukan fitness

   Terdapat mitos yang mengatakan bahwa semakin lama Anda melakukan fitness maka semakin bagus dan cepat hasil yang diberikan, padahal ini sangat salah. Sebab yang menentukan cepat dan bagusnya hasil yang diberikan adalah kualitas latihan bukan lamanya waktu. Semakin berkualitas maka semakin bagus pula hasil yang diberikan, kualitas latihan juga dilihat dari tepat dan benarnya gerakan yang dilakukan serta efektif atau tidaknya Anda memanfaatkan alat bantu tersebut. Karena itu sangat rugi jika Anda melakukan latihan berlebihan untuk mendapatkan hasil yang instan sebab hanya akan menyiksa diri  serta membuat tubuh letih. Sebab tubuh perlu penyesuaian ketika Anda melakukan fitness, jadi jangan sampai Anda memaksakan diri sehingga melukai diri sendiri.

2. Sering atau tidaknya melakukan fitness

   mitos fitness melakukan fitnessTerdapat juga sebuah mitos mengenai sering atau tidaknya melakukan fitness, dimana mitos tersebut mengatakan bahwa jika sering melakukan fitness maka akan baik untuk tubuh. Semakin bagus jika melakukan dengan memberikan jarak setiap melakukan latihan, hal ini bertujuan agar tubuh tidak kelelahan. Sebab ketika melakukan fitness pastinya Anda akan kelelahan karena harus mengangkat beban, serta dengan memberikan jarak Anda bisa melakukan latihan dengan efektif. Karena itu ada baiknya jika membuat jadwal sehingga latihan lebih teratur, Anda bisa melakukan seminggu 2 hingga 3 kali latihan.

baca juga tentang Kesalahan Fitness Yang Sering  Terjadi Pada Pemula

3. Tubuh perempuan dapat berotot

   Saat ini tidak sedikit perempuan yang ingin tubuhnya berotot sehingga akan terlihat seksi, tidak jarang saat ini banyak perempuan yang pergi ke fitness untuk mendapatkan otot. Bahkan mereka rela untuk mengangkat beban untuk memunculkan otot terutama pada bagian lengan, padahal cara ini sangatlah salah. Karena menggunakan beban saat latihan hanya akan membuat tubuh perempuan terlihat langsing dan indah namun tidak untuk berotot seperti lelaki, oleh sebab itu Anda tidak perlu memaksakan diri untuk latihan mengangkat beban.

4. Pengaruh diet

   Tentunya Anda tidak asing lagi bahwa jika ingin mendapatkan tubuh yang indah maka harus melakukan diet dan disertai dengan olahraga yang teratur, namun terdapat sebuah mitos bahwa diet tidak akan memberikan pengaruh terhadap latihan. Tidak heran jika banyak orang yang malas untuk melakukan diet dan hanya melakukan gym saja untuk mendapatkan bentuk tubuh yang indah, karena mereka menganggap bahwa melakukan diet atau tidak maka tidak akan memberikan efek terhadap tubuh. Padahal mitos seperti ini sangat salah besar, karena semakin Anda melakukan diet dengan menjaga pola makan maka akan semakin bagus pula hasil dari melakukan fitness. Jadi apabila Anda makan berlebihan dan hanya mengandalkan olahraga maka akan percuma saja, karena diet bertujuan untuk menahan masuknya makanan berlebihan sedangkan olahraga bertujuan untuk membakar lemak.

5. Pola latihan

   Banyak orang yang berpikir bahwa pola latihan semua orang sama, sebenarnya mitos fitness yang satu ini sangatlah tidak benar dan banyak dipercayai orang. Hal ini tentunya akan mempengaruhi hasil akhir dari fitness seseorang, sebab jika teman Anda sukses membentuk tubuh dengan melakukan latihan A maka belum tentunya latihan tersebut dapat cocok di tubuh Anda. Hal ini dikarenakan metabolisme tubuh setiap orang berbeda, jadi apabila Anda mengikuti suatu latihan yang tidak cocok dengan Anda maka hanya akan membuang waktu dan tenaga. Oleh sebab itu ada baiknya jika Anda mencari pola latihan yang cocok untuk tubuh sendiri.

6. Pemanasan sebelum latihan fitness

   Pemanasan sebelum melakukan fitness wajib dilakukan, namun banyak orang menganggap bahwa tujuan dilakukan pemanasan untuk mengurangi resiko cidera otot. Padahal bukan ini tujuan awal pemanasan, pemanasan sendiri bertujuan untuk membuat otot menjadi relax dan tidak kaku sehingga otot tidak akan terkejut ketika Anda melakukan latihan berat. Jadi tidak heran jika Anda bisa saja mengalami cedera walaupun melakukan pemanasan apalagi jika Anda melakukan latihan secara berlebihan. Dengan mengetahui mitos fitness ini maka Anda tidak akan tertipu lagi….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *